Rabu, 09 November 2011

Konflik Perusahaan dengan Karyawan

Apa yang dimaksud dengan konflik?
menurut Duane Ruth-hefelbower konflik adalah kondisi yang terjadi ketika dua pihak atau lebih menganggap ada perbedaan posisi yang tidak selaras, tidak cukup sumber dan tindakan salahsatu pihak menghalangi, atau mencampuri atau dalam beberapa hal membuat tujuan pihak lain kurang berhasil.

Contoh Kasus
JAKARTA, RABU - Kemelut di tubuh maskapai penerbangan murah yang sudah ditutup pemerintah, AdamAir terus berlanjut. Rabu (14/5) siang, ratusan karyawan AdamAir berdemonstrasi menuntut perusahaan itu dinyatakan pailit di depan Gedung PN Jakarta Pusat Jalan Gajah Mada. Para karyawan menuntut pembayaran gaji bulan April dan Mei yang sampai sekarang belum dibayarkan, serta pesangon dua kali PMTK (peraturan menteri tenaga kerja)
Sementara itu, di dalam gedung lima wakil karyawan mengajukan permohonan kepada hakim agar menetapkan status pailit kepada AdamAir.

Analisis
Konflik antara perusahaan dan karyawan yang terjadi pada maskapai AdamAir seharusnya tidak akan terjadi, apabila adanya keselarasan antara hak dan kewajiban yang saling dipenuhi masing-masing pihak. Kejadian yang ada sangat merugikan bagi para karyawan dan juga konsumen yang akan menggunakan jasa penerbangan dari maskapai AdamAir. Penanganan dengan cara mediasi memang merupakan salah satu contoh mengatasi konflik tapi semoga dari kejadian seperti ini banyak perusahaan dapat belajar untuk lebih baik.


Sumber :
www.Kompas.com



0 komentar: