Minggu, 05 Desember 2010

Cardiac Arrest ,Beware !!!

Penyakit yang satu ini benar-benarnggak bisa ditebak! Datangnya sangat tiba-tiba dan bisa menyerang siapa saja. Btittany Murphy dan Michal Jackson pun terpaksa mengalah sama penyakit ini. Sebenarnya, apa cardiac arrest itu dan gimana pencegahannya ???

Cardiac arrest itu merupakan gangguan kontraksi otot ruang jantung bagian bawah atau ventrikel. Nah, kalau kita terserang penyakit ini, berarti ventrikel bakal berdetak secara ekstrim sampai 400 hingga 600 kali per menit. Itu berarti dia berdetak 4 sampai 6 kali lebih cepat dari biasanya.

What??

Berdasarkan data American Heart Association sih, 90% kasus cardiac arrest terjadi karena adanya penyumbatan pada jantung, yang membuat bilik jantung berdenyut terlalu cepat dan nggak teratur. Sehingga jantung terpaksa berhenti ngejalanin tugasnya .

Jadi, begini ceritanya… Saat terserang cardiac arrest, ditubuh kita bakal terjadi kekacauan arus listrik ke jantung. Akibatnya, dinding bilik jantung Cuma bergetar dan nggak mampu memompa darah sehingga terjadi kegagalan di organ-organ vital.

“ 30-50% pasien cardiac arrest awalnya gak pernah mengalami gangguan jantung. Penyakit ini juga menyerang dengan sangat tiba-tiba, nggak ada tanda-tanda kayak rasa sakit dibagian dada atau sulit bernafas,” kata Douglas Zipes,MD,mantan president of American College of Cardiology.


Why??

Selain disebabkan oleh penyakit jantung koroner, gangguan irama jantung dan kelainan otot jantung, cardiac arrest juga disebabkan karena kita kekurangan cairan tubuh mendadak atau kehilangan sejumlah darah, kayak kecelakaan atau tindakan operasi yang bisa menyebabkan jantung berhenti berdenyut.

Trus, penyakit ini juga disebabkan oleh penurunan derajat keasaman tubuh pada penderita diabetes, gagal ginjal dan pemakaian obat tertentu secara berlebihan, seperti alkohol, etanol dan antidespresan.

What To do ??

Bila seseorang terserang cardiac arrest, hal pertama yang harus dilakukan adalah memberinya CPR atau nafas buatan, supaya irama dan frekuensi dibilik jantung kembali normal. Tapi, kalau kita belum bisa melakukan CPR, kita bisa menekan tulang dada sedalam 5 cm untuk orang dewasa, sebanyak seratus kali per menit. Setelah itu, kita harus segera membawanya ke rumah sakit, supaya jantung bisa segera ditangani dengan defibrillator atau alat kejut listrik.

How to Avoid It!

Yaaa.. memang sih kita masih muda, tapi nggak berarti kita boleh segitu cueknya sama kesehatan loh. Apalagi cardiac arrest ini bisa banget menyerang siapa saja. Makanya biar nggak kejadian kayak gitu, mulai sekarang kita harus memelihara kesehatan jantung sebaik mungkin.

Kita harus rajin mengontrol dan menjaga gula darah supaya tetap stabil dan rajin mengkonsumsi magnesium (Mg ), yang banyak terkandung dalam makanan dari kedelai. Zat ini dalam jangka panjang sangat efektif untuk menjaga kesehatan jantung. Selebihnya, kita juga harus makan makanan bergizi dan rajin olahraga. Maka, kita pun bisa menikmati masa muda kita dengan sangat indah.


Referensi : anekayess-online.com

0 komentar: